KUNCI KEBERHASILAN NITROBACTER


Janganlah terburu-buru Menggunakan dan Mengharapkan Hasil yang Bagus dari Nitrobacter seblum tahu dan paham betul filosofi dan cara kerja bakteri nitrobacter ini.Bakteri Nitrobacter harus diperlakukan sebagai TEMAN dan MITRA perjuangan petani. Bakteri ini adalah mahluk hidup yang butuh perlakuan tepat. Sebagai pekerja pengurai tanah, dia bekerja 24 jam dalam 
sehari, dan terus beranak pinak dalam tanah tiap 8 jam. Dan untuk memelihara bakteri ini sebagai pasukan pekerja gratisan nyaris tanpa istirahat ini , dibutuhkan pengertian untuk menjaga agar bakteri ini tidak mati sia-sia karena perlakuan yang salah.Pemberian pupuk kimia, Penyemprotan pestisida kimia, dan pemberian herbisida (obat anti rumput) adalah tindakan yang kontra produktif dan sangat merugikan kelangsungan hidup bakteri. Nitrobacter merupakan bakteri yang peka dan akan mati terkena panas dan sinar matahari, sinar lampu ultraviolet dan suara/getaran speaker. Dalam penyimpanan dan aplikasi , mutlak hindarkan kondisi ini , sehingga penyemprotan nitrobacter harus dilakukan diatas jam 17 atau dibawah jam 6 pagi.Beruntunglah formulasi Nitrobacter bisa terdeteksi kondisi bakterinya secara optis dan pendekatan dari bau menyengat yang ditimbulkannya. Dalam kondisi bakteri hidup dan sehat, larutan bakteri nitrobacter terlihat khas mengkilat , kinclong ,melong kekuningan dan memantulkan sinar.Mendekati Kadaluwarsa, larutan ini akan semakin redup kecemerlangannya dan berubah dari kuning mengkilat menuju semakin coklat dan berkurang kecemerlangannya. Jangan pakai larutan nitrobacter yang sudah kadaluwarsa seperti ini.Nitrobacter juga jangan dicampur dengan bahan apapun atau di modifikasi dengan larutan yang tidak sesuai standard yang di sarankan dalam petunjuk. Larutan nitrobacter yang dikembangkan dalam larutan urea dan gula dalam kepekatan tertentu merupakan usaha untuk menyingkirkan bakteri lain. 
Dengan mengubah konsentrasi kepekatan larutan sama saja dengan sengaja membiarkan bakteri lain (yang tidak dibutuhkan) ikut hidup disitu. Jadi agar memperoleh hasil panenan yang maksimal , jangan lakukan eksperimen diluar standard dan prosedur sebelum anda mencatat keberhasilan dan kepuasan memakai nitrobacter.Usaha menambahkan bahan-bahan lain seperti urin kelinci, pupuk kandang ,kompos dan bahan bokasi lain sama saja usaha merusak metode nitrobacter karena memberikan jenis bakteri lain ke tanah, yang bisa jadi malah saling bersaing pangan dan saling membunuh dengan bakteri nitrobacter. Pemberian pupuk kan-dang , kompos atau bahan organik lain tidak boleh diberikan langsung ke tanah sebelum di semprot terlebih dahulu dengan bakteri nitrobacter. Seperti diketahui di dalam tanah ada ribuan jenis bakteri yang hidup didalamnya, dan sistem nitrobacter adalah usaha untuk mendominasi seluruh spesies bakteri dengan pemberian dengan sengaja bakteri nitrobacter dalam jumlah besar agar memenangkan dominasi yang membuat bakteri lain dormant (suri) , mati atau tidak beraktivitas. Dengan cara dan metode inilah nitrobacter bisa mengatasi penyakit tanaman yang disebabkan bakteri, jamur dan virus.Sekali lagi, pahami cara kerja bakteri ini , rawat dan perlakukan dengan baik, karena dari situlah anda akan memperoleh manfaat yang besar darinya.